Inilah Kampus yang Melahirkan Para Miliarder Terkaya Dunia

Tak bisa dipungkiri, iklim intelegensia yang ada di kampus merupakan salah satu hal yang dapat membangun jiwa pemimpin. Banyak sekali kampus yang telah melahirkan para miliarder dunia. Entah itu sesuai dengan jurusan yang diambilnya atau tidak, kampus adalah kawah candradimuka bagi mahasiswa untuk dapat sukses. Dikutip dari buku Kampus-Kampus Pencetak Para Jagoan Dunia, inilah kampus-kampus yang berhasil melahirkan para miliuner dunia.

Massachusets Institute of Technology (MIT)

Banyak mahasiswa yang berlomba untuk mendapatkan beasiswa di MIT. Bukan tanpa alasan. Kampus ini telah melahirkan banyak milarder dunia. Di antaranya Bill Hewelett, salah satu pendiri merek komputer terkemuka Hewlett Packard (HP), co-founder Intel Robert Noyce, pendiri DropBox Drew Houston dan Arash Ferdowsi, pendiri Akamai Technologies Danny Lewin, dan masih banyak lagi. MIT berada di kota Cambridge, Massachusets, Amerika Serikat. Kampus ini tidak hanya fokus pada jenjang pendidikan tinggi, namun juga memiliki lima sekolah dan satu college, mencakup 32 departemen yang mengkhususkan diri pada sains dan penelitian teknologi. Kampus yang dikenal dengan gagasan briliannya dalam penemuan ilmu dan teknologi ini menata disiplin keilmuan mahasiswanya sejak awal, sehingga begitu memasuki jenjang kuliah, mereka mempunyai basis keilmuan yang cukup serta selaras dengan jurusan yang akan diambilnya.

Stanford University

Stanford Univeristy terletak kira-kira 60 kilometer di San Fransisco, Amerika Serikat. Pada mulanya, Stanford University didirikam untuk menghormati kematian anak tunggal dari pasangan suami istri Leland Stanford dan Jane Stanford. Stanford University merupakan salah satu tujuan bagi para lulusan sekolah atas untuk dapat melanjutkan pendidikan. Hal ini dapat dimaklumi karena lulusan dari Stanford University adalah para miliuner dunia, seperti pendiri Nike Phil Knight, pendiri Google Sergey Brin dan Larry Page, pendiri LinkedIn Reid Hoffman, mantan CEO Microsoft, Steve Ballmer, dan masih banyak lagi. Sebagaimana layaknya kampus terkemuka lain, Stanford juga menaruh perhatian khusus dalam dunia penelitian. Penelitian dan pengajaran yang ditekankan adalah interdisipliner untuk memecahkan masalah.

University of Melbourne

Salah satu universitas terbaik di Australia adalah Universitas Melbourne. Kampus ini terkenal dengan keunggulannya di bidang penelitian dan pengajaran. Selama kurang lebih 150 tahun, universitas ini senantiasa mengalami dinamika keilmuan yang inovatif. Tak heran apabila universitas ini bertengger di peringkat satu universitas di Australia. Lulusan dari University of Melbourne adalah chariman Lippo Group James Riady, chairman dan CEO Morgan Stanley James P. Gorman, pendiri Amchor Sir Brian English, dan masih banyak lagi. Unirvesitas Melbourne menjadi magnet bagi kalangan mahasiswa inteenasional karena kualitas pendidikannya.

University of Cambridgecambridge-university

Univerisity of Cambridge termasuk kampus bergengsi di dunia. Hingga kini, Cambridge masih tetap berfokus pada pengembangan riset keilmuan dan kesenian. Lulusan dari Cambridge antara lain chairman NatWest Bank Lord Robert Alexander, chairman Cobra Beer Karan Bilimoria, pendiri Westward Television Peter Cadburry dan masih banyak lagi. Kampus ini mempunyai sistem pendidikan yang kondusif, maka dapat melahirkan sarjana yang dapat menjadi miliuner. Cambridge sangat menekankan pengembangan keilmuan sehingga riset menjadi sebuah keharusan. Dengan riset yang konsisten dan serius, dinamika keilmuan berjalan dengan cepat. Tak heran pabila The Times Higher Education Supplement (THES) menempatkan Cambridge sebagai universitas terbaik kedua di dunia

Harvard University

Harvard University merupakan salah satu universitas ternama di dunia. Universitas ini didirikan pada 13 Maret 1639 dan merupakan universitas tertua di Amerika. Lulusan dari Harvard University adalah pendiri Facebook Mark Zuckerberg namun ia tidak lulus, pendiri Microsoft Bill Gates namun ia tidak lulus, presiden Amerika Serikat John F Kennedy dan Barack Obama. Pada mulanya Harvard University bernama New College, kemudian dinamai ulang menjadi Harvard College pada 13 Maret 1639 untuk menghormati penyumbang terbesarnya John Harvard.  john-harvard

Itulah kampus-kampus yang telah berhasil melahirkan para miliuner dunia yang kita kenal dewaaa ini. Meskipun ada beberapa yang tidak lulus, namun tetap saja sang miliuner pernah mencicipi bangku kuliah di universitas tersebut. Namun, masuk ke universitas ternama bukan jaminan besar bahwa kita akan sukses. Karena almamater tidak cukup untuk menjadikan seseorang menjadi sukses dan kaya raya, namun ada faktor lain yang turut dituntut untuk menjadikan seseorang sukses, di antaranya mau bekerja keras dan tekad yang besar.